Sri Mulyani : RI Deklarasi Pandemi Kelar Tahun Ini

Artikel 5 Jan 23 Artikel 5 Jan 23

BRI Research Institute - Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pemerintah akan melakukan deklarasi selesainya pandemi pada tahun ini.

Menurutnya, Indonesia yang dilanda pandemi selama 3 tahun masih relatif stabil dibandingkan negara lain. "kita relatif stabil dan kita tetap fokus meberikan booster sehingga diharapakan tahun ini kita bisa mendelkarasikan pandemi over," paparnya, dalam BRI Microfinance Outlook 2023, Kamis (26/1/2023).

Hari ini, kata Sri Mulyani, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan masa transisi pascapandemi Covid-19 sebelum benar-benar dinyatakan selesai. Selama pandemi, Sri Mulyani mengatakan banyak pelajaran yang dipetik. Masa-masa itu banyak hal yang tidak dipahami.

Lebih lanjut, Sri Mulyani tidak mengelak bahwa pandemi membuat luka yang mendalam (scarring effect). Namun, hal yang patut disukuri, sektor manufaktur pulih dengan baik. Kemudian, sektor perdagangan tetap berjalan meski ada buka tutup dalam mobilitas masyarakat. "Surprisingly manufacturing kita resiliens, tumbuh tinggi, perdagangan juga pulih cepat dan kuat," katanya.

source : https://www.cnbcindonesia.com/news/20230126140802-4-408471/sri-mulyani-ri-deklarasi-pandemi-kelar-tahun-ini