BRIeF TEKUN Nasional Malaysia

BRIeF TEKUN Nasional Malaysia, Januari 2024

BRI Research Institute -  BRI Research Institute melaksanakan kegiatan BRI International Delegation Forum (BRIeF) pertama di tahun 2024 untuk delegasi dari TEKUN (Tabungan Ekonomi Kumpulan Usaha Niaga) Nasional Malaysia. Program BRIeF sendiri merupakan program rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya dalam rangka knowledge-sharing akan pengalaman terbaik Bank BRI dalam melaksanakan praktik perbankan mikro di Indonesia. BRIeF diminati oleh berbagai institusi keuangan yang bergerak dalam bidang perbankan dan microfinance di dunia.

Selama program BRIeF yang diselenggarakan pada tanggal 22–26 Januari 2024, delegasi TEKUN Nasional Malaysia difasilitasi untuk mendapatkan sharing session secara In Class di kantor pusat Bank BRI dan Field Visit ke unit kerja, agen bank, dan program pemberdayaan BRI lainnya.

TEKUN Nasional merupakan institusi microfinance terkemuka di Malaysia yang telah berdiri sejak tahun 1998. Delegasi TEKUN Nasional yang hadir pada kegiatan BRIeF 2024 berjumlah sebanyak 25 orang yang terdiri atas para Head of Division, Head of Department, Deputy Head of Department, Head, State Manager, Executive, Branch Manager, dan Assistance Executive.

Pada kegiatan In Class Training, penyampaian materi mencakup regulasi perbankan mikro di Indonesia oleh OJK, berbagai perkembangan dan digitalisasi atas produk, program, serta bisnis perbankan mikro BRI secara komprehensif, juga memuat aspek mitigasi risiko, audit internal dan kepatuhan, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), dan jaringan kerja Information and Technology (IT) di BRI.

Kegiatan Field Visit dilaksanakan di kota Garut dan Bandung, Jawa Barat. Selama tiga hari, delegasi dibawa untuk melihat serta berdialog langsung dengan BRI Unit BRI beserta holding Ultra Mikro (PNM dan Pegadaian), mengunjungi BRIlink Agent dan Desa BRILian untuk mengalami langsung berbagai pengalaman wisata budaya, ekonomi, dan sosial dengan berbagai produk unggulan dari nasabah Naik Kelas BRI (kerajinan kulit, kopi, teh, sawi, sampai dengan domba garut), sampai mengunjungi Rumah Kreatif BUMN BRI Bandung.

Melihat keindahan kerajinan kulit di Sukaregang, menikmati keindahan Desa Wisata Saung Ciburial yang merupakan Desa BRILian, menikmati pertunjukan Domba Garut sebagai salah satu icon khas Garut, sharing langsung dengan nasabah naik kelas binaan Rumah Kreatif BUMN BRI Bandung, berbelanja souvenir serta menikmati kuliner khas daerah Garut dan Bandung, meninggalkan kesan tersendiri bagi para delegasi.

Kegiatan BRIeF kemudian ditutup dengan Farewell Dinner di Plataran, Bandung, yang turut dihadiri oleh 6 Board Member yang di antaranya adalah YB Tuan Mohd Sany Hamzan yang merupakan member Parlemen dan Datuk Zamri Salleh Timbalan Menteri Pembangunan Usahawan dan Koperasi Senator Saraswathy Kandasami, Timbalan Ketua Setiausaha (Pembangunan Usahawan) Kementerian Pembangunan Usahawan dan Koperasi Malaysia, serta pihak BRI Regional Office Bandung yang di antaranya adalah Bapak Sadmiadi (Regional CEO BRI Bandung), Bapak Arif Hartoyo (Regional Micro Banking Head), beserta jajaran.

DOKUMENTASI