BRILIAN SPECIALIST DEVELOPMENT PROGRAM (BSDP) REGIONAL FUNDING & TRANSACTION HEAD TAHUN 2024

BRILIAN SPECIALIST DEVELOPMENT PROGRAM (BSDP) REGIONAL FUNDING & TRANSACTION HEAD TAHUN 2024

BRI Research Institute -  Sebagai institusi bisnis yang bergerak di bidang jasa keuangan, khususnya peran bank sebagai intermediator antara kreditur penyimpan dana dan debitur peminjam dana, bank membutuhkan pendanaan bagi kegiatan usahanya. Dana Pihak Ketiga (DPK) dalam bentuk deposito, tabungan dan giro yang diendapkan nasabah ke rekening di Bank sangat berperan dalam menentukan eksposur kredit sekaligus pricing yang akan dibebankan ke debitur bank.

Keberhasilan BRI dalam menjalankan bisnisnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, selain sebagai financial intermediary yang menghimpun dana dan menyalurkannya dalam bentuk kredit kepada masyarakat, bank juga memiliki produk- produk lain sebagai upaya untuk mengoptimalkan fee based income. Dalam upaya meningkatkan laba tersebut maka BRI dituntut meningkatkan kemampuan dan kompetensi pekerjanya untuk memasarkan produk-produk dan jasa perbankan lainnya.

Sebagai salah satu bentuk program pengembangan karyawan PT Bank Rakyat Indonesia bekerjasama dengan BRI Research Institute melaksanakan program pelatihan untuk para Regional Funding & Transaction Head (RFTH) yang mana para peserta yakni Pimpinan tertinggi yang bertanggung jawab langsung dalam pemasaran funding & transaksi di Regional / Wilayah nya masing-masing. BRILian Specialist Development Program (BSDP) Regional Funding & Transaction Head Tahun 2024 dilaksanakan pada tanggal 02 Februari 2024, bertempat di Hotel JS Luwansa - Jakarta Selatan. Pelatihan ini diikuti sebanyak 18 peserta yang datang dari seluruh Indonesia. Pelatihan dirancang dengan metode pembelajaran interaktif dan sharing session yang berlangsung selama 9 (sembilan) sesi pembelajaran.

Dalam Pelatihan ini BRI Research Institute turut mengundang 5 orang Expert Trainer antaranya, Bapak Anton Hendranata beliau merupakan Chief Economist Bank Rakyat Indonesia dan Direktur Utama BRI Research Institute, selanjutnya ada Bapak Budihardjo Iduansjah yang sebagai Chairman of Indonesian Retail and Tenant Association (HIPPINDO), Bapak Dr. Moch. Doddy Ariefianto Pengamat Ekonomi-Perbankan & Dosen Binus University, Bapak Benny Purnomo Ex-CEO MNC Bank, INA Bank, BCA & Mutiara Bank, dan ada Bapak Husin Wijaya, MM, PCC founder, coach, mentor, and consultant - Business Mentor certified dari University of California Davis.

Pelatihan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kompetensi leadership dan sales capability, dengan materi pembahasan Economic & Market Insight, Ecosystem Business, Building Relationship, dan Influencing Others, khususnya aspirasi & strategi Bisnis Unit Kerja kepada jajaran dibawahnya, mengarahkan dan mendukung produktivitas pekerja para pemasar di wilayah kerjanya, serta mampu merumuskan strategi penetrasi dan kebijakan pemasaran yang tepat guna melakukan optimalisasi perluasan di pusat ekosistem bisnis dari wilayah masing-masing. Peserta juga diharapkan dapat berperan sebagai pemimpin yang berkharisma yang dapat menjadi role model dan menginspirasi serta mempengaruhi orang lain dengan membangun personal branding yang kuat dan tangguh.